Tutorial Download dan Install Python versi 3.7.4 pada Windows 10

Cara penginstalan python cukup mudah, download aplikasi python kemudian install seperti pada umumnya, klik next, next lagi hingga finish. Aplikasi python pada artikel ini yang akan diinstal adalah python versi 3.7.4-64bit(rilis july-2019).

Tutorial Download dan Install Python 3.7.4 pada Windows 10
Gambar

Klik disini untuk download versi terbarunya. versi terbaru aplikasi python bisa berubah sewaktu-waktu, tutorial instalasi python pada artikel ini mungkin juga akan berbeda untuk versi terbaru yang selanjutnya.

Daftar isi

1. Proses Instalasi Python

Buka file python yang telah selesai diunduh. Sekali lagi, pada tutorial ini menggunakan aplikasi python versi 3.7.4-64bit. Klik double pada file python tersebut(yang telah didownload) atau klik kanan kemudian open. berikut gambarannya.

Open Aplikasi python(klik double)
Gambar 1

1.1  Setup

Pada tahapan ini, ada pengaturan khusus yang harus dipilih saat proses instalasi, agar perintah Python dapat dikenali di CMD. Pertama ceklist Add python 3.7 to PATH kemudian klik install now.

Setup: Add python 3.7 to PATH
Gambar 2.1

1.2  Proses Instalasi

Selanjutnya pada Tahapan (Setup) kali ini, tunggu hingga proses instalasi selesai. berikut gambarannya.

Setup: progress instalasi
Gambar 2.2

1.3  Setup Was Succesful

Setup was Successful, instalasi python berhasil, kemudian Klik close. Setelah ini Anda bisa menguji python apakah sudah bisa digunakan atau belum, bisa menggunakan CMD atau Python Shell.

Setup: proses instalasi python selesai
Gambar 2.3

2. Uji Coba Python dengan CMD

Setelah berhasil menginstall pyton pada windows maupun OS lainya. Selanjutnya, Karena tutorial ini menggunakan Windows 10, maka saya akan mengujinya menggunakan CMD. Buka CMD dengan cara klik windows+R kemudian ketik cmd lalu enter atau ok.

open CMD
Gambar 2

Setelah berhasil masuk ke CMD, ketikkan perintah "python" pada CMD untuk masuk ke mode Python. perintah tersebut juga berguna untuk cek versi python. Selanjutnya ketikkan perintah 'print("Halo Indonesia!")' kemudian enter untuk melakukan pengujian. Jika berhasil akan seperti berikut.

uji coba python dengan cmd
Gambar 3.1

3. Uji Coba dengan Python Shell

Alternatif lainnya selain CMD yaitu, Anda bisa juga menggunakan Python Shell yang sudah otomatis terinstal saat selesai instalasi aplikasi Python. proses uji coba dengan python shell juga sama dengan CMD.

Pertama cari dan buka Python shell, jika pada windows, ketik perintah 'python shell' pada fitur windows search. setelah ketemu, klik kanan pada python shell, lalu run as administrator.

Jila command dari python shell sudah terbuka, Selanjutnya Anda bisa men-inputkan perintah python untuk cek versi python. Lalu ketik perintah print("Halo Indonesia!) untuk uji coba. berikut contohnya.

uji coba python dengan python shell
Gambar 3