Belajar Mengenal Bahasa Pemrograman Python Untuk Pemula

Sampai saat ini, Python telah sampai di versi ke-3. Bahasa Pemrograman Python dapat mengolah struktur data dengan ukuran besar. Artinya, Python memiliki kemampuan yang tidak bisa diremehkan.

Artikel ini membahas Pengertian Python, Sejarah Singkat python, hingga cara menjalankan perintah python pada CMD Windows dengan 2 Mode(Mode Interaktif dan Mode Script).

Daftar isi

1. Pengertian Python

Bahasa Pemrograman Python merupakan bahasa yang Interpretatif dan dianggap mudah untuk dipelajari serta berfokus pada keterbacaan kode. Artinya, Bahasa Python diklaim sebagai bahasa pemrograman yang memiliki kode pemrograman yang sangat jelas dan mudah untuk dipahami.

Secara umum, Bahasa python berbentuk pemrograman berorientasi objek, imperatif, dan fungsional. Bahasa Python dapat digunakan untuk keperluan development perangkat lunak yang dapat berjalan di berbagai platform OS.

Bahasa Python bisa dipergunakan oleh siapapun secara bebas. Anda sebagai seorang developer juga bisa menggunakan bahasa python untuk kepentingan komersial.

Saat ini, kode python dapat dijalan di berbagai platform seperti : Linux, Windows, MAC, Palm, Amiga, JVM. Bahkan kode Pyhton juga dapat dijalankan pada OS Symbian yang merupakan produk dari Nokia yang cukup populer dimasanya.

2. Sejarah Python

Guido Van Rossum adalah seorang programmer kelahiran Belanda yang mengembangkan Bahasa Python pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam yang merupakan kelanjutan dari Bahasa Pemrograman ABC.

Asal mula Bahasa Pemrograman ini dinamakan Python adalah karena kecintaanya Guido Van Rossum pada acara Televisi Monty Python's Flying Circus, yang akhirnya dinamakanlah Python sebagai bahasa Pemrograman.

Saat ini(2019), Bahasa Pemrograman Python terus dikembangkan oleh Sekelompok Programmer yang langsung dikoordinasi oleh Guido Van Rossum dan Python Software Foundation. Versi Python sampai saat ini(Juli 2019) sudah mencapai Versi 3.7.4.

3. Instalasi Python Versi 3.7.4(July 2019)

Sepopuler apakah Bahasa Python?. Python adalah bahasa pemrograman yang terus berkembang. Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa Software terkenal dan keren yang dibangun menggunakan bahasa Python termasuk Battlefield 2(aplikasi game peperangan).

Daftar Tabel untuk Instalasi Python Versi 3.7.4(July 2019)
No
1Battlefield 2Aplikasi Game Peperangan dengan genre first-person-shooter
2BlenderAplikasi 3 Dimensi yang disediakan secara gratis
3BittorrentAplikasi Download Berbasis Torrent
4Cinema 4DAplikasi Design 3D yang dikembangan oleh perusahaan Maxon
5DropboxAplikasi Cloud Service

Sampai saat ini sekitar akhir bulan Juli 2019, Bahasa Python telah merilis versi 3.7.4 yang terbaru saat ini. Jika Anda berniat Mempelajari Bahasa Pemrograman Python, kunjungi situs "https://python.org/" untuk mengunduh aplikasi python(windows).

Karena Pembahasan cara instalasi Aplikasi Python cukup panjang. Maka Anda bisa membaca Artikel tentang Cara Download dan Install Python(Jika berminat) di Link berikut, yang sudah saya siapkan sebelumnya. "Cara Install Python 3.7.4 di Windows 10".

4. IDE dan Editor Untuk Pemrograman Python

Bahasa Python dapat ditulis di berbagai macam Editor. Jika Anda sudah terbiasa belajar bahasa Pemrograman, beberapa Editor seperti Notepad++, Sublime Text, dsb, mungkin sudah tidak asing lagi bagi yang sudah terbiasa belajar bahasa Pemrograman.

Khusus bagi programmer yang terbiasa menggunakan NetBeans IDE, Netbeans Ide juga bisa digunakan sebagai Editor untuk Python. Namun, secara default Netbeans Ide tidak mendukung langsung bahasa Python, Maka diperlukan integrasi terlebih dahulu.

Alternatif lainnya Anda bisa juga menggunakan Aplikasi PyCharm yang secara penuh mendukung bahasa Pemrograman Python, sehingga Anda tidak perlu melakukan berbagai konfgurasi. PyCharm jauh lebih praktis untuk digunakan.

Integrated Development Environment(IDE) adalah sebuah aplikasi yang memberikan fasilitas yang bermanfaat ketika membuat program. Sebuah IDE biasanya sudah memiliki fasilitas seperti : Editor, Compiler, Debugger, Linker, dsb.

IDE untuk Bahasa Python sangatlah banyak, beberapa IDE untuk python yang cukup popular antara lain : komodo, NetBeans, LiClipse, PyCharm, kdevelop, PyDev, dsb.

Kunjungi situs "https://wiki.python.org/moin/IntegratedDevelopmentEnvironments" untuk mengetahui lebih banyak IDE yang tersedia untuk python.

5. Menjalankan Python di CMD Windows

Ada dua cara untuk menjalankan kode atau perintah-perintah python di CMD. Pertama bisa menggunakan Mode Interaktif atau immediate mode, yang kedua bisa menggunakan Mode Script.

5.1  Interactive Mode

Interactive Mode atau immediate mode merupakan fitur yang ada di Python, Mode tersebut berguna untuk menulis kode secara interaktif, dimana setiap perintah akan langsung dieksekusi dan ditampilkan ketika tombol enter ditekan.

Interaktif mode sangat praktis untuk kode python yang ditulis secara singkat. Fungsi mode interaktif bisa digunakan untuk uji coba suatu fungsi.

Untuk masuk ke Mode Interaktif dengan CMD, ketikkan perintah Python pada CMD. Selanjutnya akan muncul tanda >>> yang artinya, python siap menerima perintah.

Untuk keluar(Exit) dari Mode Interaktif, Anda bisa mengetik Ctrl+Z. berikut contoh perintah python pada CMD Windows.

contoh perintah python pada CMD melalui mode interaktif
Gambar 5.1

Interaktif mode memiliki kelemahan, dimana program yang ditulis dalam mode interaktif tidak akan disimpan setelah Interactive Mode ditutup. Oleh karena itu, Python menyediakan Mode Script.

5.2  Script Mode

Sama seperti bahasa pemrograman pada umunya, Anda bisa membuat file tersendiri yang berisi kode Python dan disimpan dengan ekstensi .py

Setelah file sudah siap, Anda bisa menjalankan file tersebut dengan menggunakan CMD. Metode tersebut disebut Script Mode, berikut langkah-langkah menjalankan python dengan CMD(script mode).

Pertama buat File baru yang berisi kode Python dan simpan dengan nama halo.py . dan berikut kode python atau isi dari file python.

Gambar berisi contoh kode python
Gambar 5.2.1

Selanjutnya simpan file tersebut(halo.py) pada folder tertentu. Pada contoh ini, saya menyimpan file tersebut di folder F:\python. Selanjutnya buka CMD windows dan arahkan directory ke folder F:\python atau lokasi tempat menyimpan file python.

gambar proses masuk ke folder lokasi file python dengan CMD
Gambar 5.2.2

Selanjutnya akan muncul teks dengan awalan F:\python> yang menunjukkan bahwa sudah berhasil masuk ke folder tersebut.

Selanjutnya ketikkan perintah python halo.py untuk mengeksekusi dan menampilkan program python dari file halo.py , berikut ilustrasi gambar CMD tersebut.

gambar proses eksekusi dan menampilkan file python pada CMD Wndows
Gambar 5.2.3

Selamat, Anda sudah bisa menjalankan Program Python dengan CMD Windows via Script mode.