5 Metode untuk menggabungkan kode PHP ke dalam HTML

Untuk memasukkan kode PHP ke dalam elemen-elemen yang ada di HTML, maka perlu dipahami bagaimana caranya memasukkan kode PHP ke HTML. perlu diingat juga, jika sebuah file terdapat kode php didalam Elemen HTML, Anda harus menyimpan file tersebut dengan ekstensi '.php', Berikut penjelasannya.

Daftar isi

1. Metode ASP

Cara penulisan dengan Metode ini mirip dengan cara memasukkan kode ASP ke HTML. ASP(Active Server Pages) adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh microsoft sebagai pesaing dari PHP.

Untuk mulai menulis kode PHP dengan menggunakan metode ini, Anda bisa menggunakan Tag pembuka yaitu Tag <% dan ditutup dengan Tag %>. Namun karena secara default Metode ini tidak didukung, Anda harus mengaktifkan dulu di pengaturan file 'php.ini'. berikut adalah contoh kode dengan metode ASP Style.

contoh kode/program/sintaks php
<% echo "Aku dan Kamu Belajar Bersama."; %>

Untuk mengetahui cara setting pada file 'php.ini' yang dimaksudkan agar Anda bisa mencoba menggunakan metode ASP. Silahkan baca di-pembahasan No.6 dibawah.

2. Metode Script

Dengan Metode ini, kode PHP ditulis didalam elemen script pada html. Untuk masuk ke mode PHP dengan metode ini, Anda bisa memulainya dengan Tag <script language="php"> sebagai pembuka, dan ditutup dengan Tag </script>. berikut adalah contoh kodenya.

contoh kode/program/sintaks php
<script language="php">
    echo "Aku dan Kamu Belajar Bersama"; 
</script>

catatan : Metode Script Style tidak memerlukan pengaturan khusus seperti pada Metode ASP, Anda bisa langsung mencobanya.

3. Metode XML

Metode ini mengikuti aturan penulisan dari XML(eXtensible Markup Language) yaitu bahasa markup dari XHTML. metode XML Style adalah metode yang paling umum digunakan, Saya sendiri lebih sering menggunakan metode ini.

Untuk mulai menulis kode PHP dengan metode XML Style, Anda bisa memulainya dengan menggunakan Tag <?php sebagai pembuka, dan ditutup dengan Tag ?>. Berikut adalah contoh kode PHP dengan menggunakan Metode tersebut.

contoh kode/program/sintaks php
<?php echo "Aku dan Kamu Belajar Bersama"; ?>

4. Metode SGML

Metode ini disebut juga PHP Short Tag atau Metode Tag singkat, karena cara penulisan dengan metode ini lebih singkat dari metode XML. disebut dengan metode SGML Style karena mirip dengan bahasa markup dari HTML yaitu SGML.

Untuk masuk ke mode PHP dan mulai menulis kode PHP, Anda bisa menggunakan Tag <? sebagai Tag pembuka, dan ditutup dengan Tag ?>. dibawah ini adalah contoh kode PHP dengan metode SGML Style.

contoh kode/program/sintaks php
<? echo "Aku dan Kamu Belajar Bersama"; ?>

Metode SGML Style sudah tidak lagi didukung PHP pada versi terbarunya. Tapi jika Anda ingin mencoba dengan menggunakan metode ini, Anda bisa mengaktifkannya pada pengaturan file 'php.ini'. cara seting ada di pembahasan No.6

5. Metode Langsung

Metode Langsung merupakan kombinasi atau gabungan dari metode SGML dan perintah 'echo'. untuk memulai menulis kode php dengan metode ini, Anda bisa menggunakan Tag <?= sebagai pembuka, dan Tag ?> sebagai penutupnya. berikut contoh penulisan kode php dengan metode tersebut.

contoh kode/program/sintaks php
<?= echo "Aku dan Kamu Belajar Bersama"; ?>

6. Setting File php.ini

Jika Anda ingin menulis kode PHP menggunakan metode SGML dan ASP Style, dimana dua metode tersebut sudah tidak di support oleh PHP. Maka, Anda bisa mengaktifkannya dengan mengedit file php.ini. jika pada Aplikasi XAMPP, carilah file php.ini didalam folder 'C:\XAMPP\php\'.

Setelah Anda masuk pada folder tersebut, cari dan bukalah file php.ini untuk mengeditnya. Anda bisa menggunakan notepad untuk mengeditnya. berikut gambar screenshot lokasi file php.ini pada folder 'C:\XAMPP\php'.

Lokasi File php.ini pada folder c:/xampp/php/php.ini
Gambar 6

bisa dilihat pada gambar tersebut terdapat beberapa file dengan nama yang sama yaitu 'php'. Carilah file php.ini yang bertype 'Configuration settings'. Untuk mengaktifkan metode SGML Style cari kata kunci short_open_tag dan ubah nilainya menjadi on. berikut gambarannya.

seting php.ini untuk aktifkan mode SGML Style
Gambar 6.1

Sedangkan untuk mengakifkan metode ASP Style agar Anda bisa mulai menulis kode-kode PHP dengan metode ASP. Klik ctrl+F dan carilah kata kunci asp_tags, lalu rubah nilainya menjadi on. berikut gambarannya.

seting php.ini untuk aktifkan mode ASP Style
Gambar 6.2

Setelah Anda melakukan perubahan pada file 'php.ini', jangan lupa simpan lalu restar apache web servernya. jika menggunakan XAMPP, Anda tinggal klik tombol stop pada module apache di contorl panel XAMPP, lalu klik tombol start kembali.