Mengenal dan Memulai Pemrograman PHP

HTML merupakan bahasa pemrograman standar untuk membuat website. Tapi tanpa adanya PHP, sebuah website yang disusun dengan kode HTML tidak akan bersifat dinamis dan interaktif.

Jika Anda hanya menggunakan HTML5 saja untuk membuat website, maka tampilan situs yang ditampilkan akan sama dan statis. Untuk itulah PHP dimanfaatkan untuk membuatnya jadi dinamis dan interaktif, misalnya membuat sistem username login.

Daftar isi

1. Pengertian PHP

PHP sudah menjadi bahasa scripting yang populer dan banyak digunakan untuk membuat aplikasi berbasis website. dengan PHP, Anda bisa membuat website yang dinamis dan interaktif. Website yang dinamis misalnya, jika sebuah website bisa menampilkan konten yang berbeda-beda untuk setiap user.

Sedangkan website yang interaktif misalnya, jika sebuah website dapat memberikan feedback bagi user atau website dapat menampilkan konten tertentu berdasarkan pencarian. Dengan PHP, Anda juga bisa membuat website powerfull yang dinamis dan disertai dengan manajemen database-nya.

PHP juga digunakan diberbagai macam platform OS. misalnya Linux, Unix, Microsoft Windows, Mac OS X, RISC OS, dll. Dengan PHP, Anda juga dapat menampilkan output dalam bentuk gambar, flash, pdf, dsb. Bahkan, PHP juga mempunyai fitur yang signifikan yaitu mendukungan penggunaan untuk berbagai database.

Berikut beberapa database engine yang dapat diintegrasikan dengan PHP : dBase FrontBase SQLite, Ratu mSQL Padat, Ingres Ovrimos, IBM DB2 ODBC Unix dbm, Adabas D Interbase PostgreSQL, Informix Oracle, Hyperwave MySQL Velocis, dan FilePro Direct MS-SQL Sybase.

Untuk memulai menjalankan PHP, sebaiknya Anda juga memahami apa itu web server, karena PHP sendiri merupakan bahasa pemrograman berjenis server-side-scripting.

2. Memilih Server untuk PHP

Bagaimana cara kerja PHP dalam menampilkan konten pada web browser?. PHP berbasis server side scripting. Artinya, Hasil Kode PHP terlebih dahulu akan diproses oleh server, kemudian hasil olahan dari server tersebut akan dikirim kembali ke web browser.

Jika Anda ingin memulai pemrograman dengan PHP, sebaiknya Anda juga mempersiapkan server terlebih dahulu. Jika pada OS berbasis Windows, secara default program PHP tidak bisa dijalankan tanpa adanya server khusus. Langkah pertama, Anda harus melakukan instalasi server. Berikut ini beberapa sodtware yang menyediakan server gratis.

Daftar Tabel untuk Memilih Server untuk PHP
NoAplikasiSitus Download
1WAMP SERVERwampserver.com
2XAMPPapachefriends.org

PHP juga mendukung berbagai macam Web Server antara lain: Apache, Personal Web Server, Netscape & iPlanet Servers, Caudium, Xitami, OmniHTTPd, Microsoft Internet Information Server, dan lain-lain.

3. Memilih Editor Untuk PHP

PHP tidak mengharuskan untuk menggunakan text editor khusus. Artinya, Anda bisa menulis kode PHP hanya menggunakan tex editor biasa, misalnya aplikasi bawaan dari MS Windows yaitu notepad. Saya sendiri memulai belajar Pemrograman PHP hanya menggunakan Notepad++.

Saya sarankan untuk menggunakan text editor yang lebih canggih, misalnya notepad++, Sublime Text, atau text editor lainnya yang lebih canggih. Text editor yang lebih canggih biasanya sudah dapat membedakan variasi warna untuk variabel, komentar, fungsi, perintah-perintah, dsb. Variasi warna tersebut bisa membuat kode-kode PHP lebih mudah dibaca.

4. Mulai Menjalankan PHP(offline)

Untuk menjalankan Kode PHP dengan lancar, Langkah pertama download XAMPP dan install, klik link ini untuk mengetahui cara instalasi XAMPP. Jika sudah download dan install, buka aplikasi XAMPP lalu klik start pada Apache dan MySQL.

Langkah kedua siapkan Text Editor untuk mulai menulis kode-kode PHP. Langkah ketiga, Buat folder baru misalnya dengan nama 'belajar-php' didalam folder C:\XAMPP\htdocs\.

Langkah keempat, Tulis kode PHP dibawah ini dengan text editor dan simpan dengan nama, misalnya 'halo.php' didalam folder C:\XAMPP\htdocs\belajar-php\.

contoh kode/program/sintaks php
<?php
    echo "Halo Indonesia!, Salam Damai.";
?>

Setelah Anda menulis dan menyimpan file yang berisi kode PHP didalam folder 'C:\XAMPP\htdocs\belajar-php\' seperti contoh diatas. kemudian buka web browser apapun, misalnya IE, crhome, MS Edge, dsb. Lalu ketik alamat ini 'http://localhost/belajar-php/halo.php' pada address bar di web browser. Jika sudah, berikut Tampilan hasil kode tersebut pada Web Browser.

program pertama dengan PHP(hello Indonesia)
Gambar 4