3 Jenis Operator Berdasarkan Jumlah Operand Pada PHP

dalam Pemrograman PHP, terdapat 3 kategori Operator. ke-3 kategori tersebut adalah Operator Unary, Binary, Ternary. Kategori-kategori tersebut berisi operator-operator yang dikelompokkan berdasarkan jumlah Operand. Lalu, Apa itu Operator dan Operand?.

Operator adalah karakter atau tanda yang digunakan untuk Operasi Matematika, Sedangkan Operand pada PHP bisa diartikan dengan variabel, nilai, atau angka tertentu yang dijadikan objek Operasi Matematika.

3 Kategori Operator Berdasarkan Jumlah Operand Pada PHP
Gambar

dari gambar diatas terdapat terdapat suatu proses yaitu 1 + 5 = 6 beserta keterangannya. Nah, angka 1,5,6 disebut operand, pada angka 1 dan 5 adalah operand penting yang akan diproses bersamaan dengan operator +.

Sedangkan operator assignment(=) dan operand 3 yaitu angka 6 abaikan saja, karena yang dibahas disini adalah proses operasinya yaitu 1 + 5.

Daftar isi

1. Operator Unary pada php

Operator Unary adalah Operator yang melibatkan 1 buah Operand, beberapa Operator php yang termasuk dalam kategori Unary Operators yaitu Operator Increment, Decrement, Positif, dan Negatif. misal $x++, -$x.

Daftar Tabel untuk Operator Unary pada php
NoOperatorDeskripsi
1increment(++)menambahkan satu nilai keatas pada suatu variabel atau operand
2decrement(--)mengurangi satu nilai kebawah pada suatu operand
3not(!)akan bernilai TRUE jika suatu operand bernilai salah
4positif(+)menjadikan sebuah angka pada operand bersifat positif, misal +1, +2, +3
5negatif(-)menjadikan suatu operand bersifat negatif, misal -1, -2, -3, -4

2. Operator Binary pada php

Operator Binary adalah Operator yang dalam penggunaannya melibatkan 2 Operand. Misalnya $x + 5, Tanda + tersebut merupakan salah satu dari Operator Aritmatika yang dalam penggunaanya melibatkan 2 Operand yaitu $x dan 5.

Beberapa Operator PHP yang termasuk dalam jenis Binary antara lain : Operator Penjumlahan(+), Modulus(%), Pembagian(/), AND(&&), Tidak Sama Dengan(!=), Bitwise And(&), dan lain sebagainya.

Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang '7 jenis Operator pada PHP'. Namun pada pembahasan berikut, akan saya sajikan Tabel yang berisi beberapa Operator yang termasuk dalam jenis Operator Binary.

Daftar Tabel untuk Operator Binary pada php
NoOperatorDeskripsi
1Penjumlahan(+)menjumlahkan 2 operand
2Perkalian(*)melakukan perkalian dari satu operand dengan operand lainnya
3Modulus(%)menghasilkan sisa bagi dari hasil pembagian 2 buah operand
4and(&&)bernilai TRUE jika kedua operand bernilai benar
5sama dengan(==)bernilai TRUE jika kedua operand bernilai benar

Selain dari beberapa operator pada table diatas, sebenarnya masih ada operator lain yang masuk dalam kategori binary, seperti pembagian, tidak sama dengan, dsb.

intinya, semua operator dalam lingkup pemrograman PHP yang dalam prosesnya melibatkan 2 buah operand, maka operator itu termasuk dalam kategori operator Binary.

3. Operator Ternary pada php

Operator Ternary adalah operator yang melibatkan 3 buah operand, Operator ini digunakan untuk memilih nilai berdasarkan ekspresi atau keadaan tertentu.

Operator Ternary disimbolkan dengan Tanda ?:, dimana dalam penulisannya akan seperti ini 'ekspresi1 ? ekspresi2 : ekspresi3'. Jika Ekspresi1 bernilai benar maka akan bernilai ekspresi2, jika sebaliknya maka akan bernilai ekspresi3.

Sejak rilis php di versi 5.3 keatas, ekspresi2 sudah menjadi optional, Anda tidak diharuskan menggunakan ekspresi2, maka struktur penulisannya akan seperti ini 'ekspresi1 ?: ekspresi3'.