Variabel dan Tipe Data pada Pemrograman Javascript

Ingin membuat Variabel pada javascript?. Tapi enggak tahu gimana caranya?. Untuk membuat variabel sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu menulis kode javascript dan memahami aturan dalam penulisan variabel javascript.

Daftar isi

1. Pembuatan Variabel

Variabel adalah tempat untuk menyimpan data. Data yang disimpan berupa string, number, boolean, dsb. Javascript merupakan bahasa scripting berjenis typeles programming language, Artinya semua variabel dalam javacript dapat berisi tipe data apapun, tipe data variabel tersebut sewaktu-waktu bisa Anda rubah sesuka hati.

Untuk membuat variabel, Anda bisa menggunakan kata kunci var, misal 'var x'. Untuk pengisian nilai kedalam variabel, bisa Anda gunakan tanda =, misal 'var x = 5'. Namun, Anda juga bisa membuat variabel tanpa kata kunci var, misal 'x = 5'.

Untuk membuat variabel, Anda perlu memahami dulu aturan penulisan identifier dalam lingkup javascript. Pertama, penulisan Variabel harus dimulai dengan huruf. Ke-dua, penulisan Variabel bisa juga dimulai dengan tanda 'dollar($) dan underscore(_)'. ke-3, Variabel javascript bersifat Case Sensitive. Artinya, variabel nama berbeda dengan variabel NaMa, walaupun cara membacanya sama. Berikut contoh kodenya.

contoh kode/program/sintaks javascript
<script type="text/javascript">

    // menggunakan kata kunci 'var'
    var nama = "Fizi";
    var alamat = "Magelang";
    var usia = 25;

    // tanpa kata kunci 'var'
    nama = "Ika";
    alamat = "Magelang";
    usia = 21;

</script>

Sebelum Anda memutuskan untuk menulis dan membuat variabel dengan menggunakan atau tidak menggunakan kata kunci var. sebaiknya, Anda juga harus memahami apa itu Variabel Scope. Berikut penjelasannya.

2. Variabel Scope

Variabel scope merupakan jangkauan sebuah variabel di sepanjang pemrograman javascript. Artinya, variabel javascript bisa digunakan di seluruh kode javascript atau disebut juga global variable, Tapi, ada juga variabel lokal atau disebut local Variable, misalnya hanya bisa digunakan dalam sebuah function saja.

Sebagai Tambahan, jika Anda membuat variabel didalam function misalnya, maka ada 2 aturan. Pertama, Jika membuat variabel dengan kata kunci var, maka variabel tersebut bersifat local variable.

Ke-2, Jika membuat variabel tanpa kata kunci var, maka variabel tersebut bersifat global variable. Pahami perbedaan antara global variable dan local variable, seperti pada contoh kode javascript dibawah ini.

contoh kode/program/sintaks javascript
<body>
    <script>

        var globalLuar = "Variabel Global <br />";

        function fungsi(){
            var lokal = "Variabel Lokal <br />";
            globalDalam = "Scope";
            document.write(lokal);
        }

        fungsi();
        document.write(globalLuar);
        document.write(globalDalam);
        document.write(lokal); // error: 'lokal' is not defined

    </script>
</body>

Penjelasan dari kode diatas, pertama adalah kode document.write(lokal); yang ditulis didalam function akan menampilkan output "Variabel Lokal". ke-2 adalah kode document.write(globalLuar); akan menampilkan output "variabel Global".

Sedangkan yang ke-3 adalah kode document.write(globalDalam); akan menampilkan output "Scope". dan yang terakhir adalah kode document.write(lokal); yang ditulis diluar function akan menghasilkan error : SCRIPT5009: 'lokal' is not defined.

3. Tipe Data

Sebuah variabel tidak bisa lepas dari tipe data, karena variabel berfungsi menyimpan data. Sedangkan tipe data untuk mengatur jenis nilai yang dimasukkan kedalam variabel. berikut beberapa tipe data variabel pada javascript.

Daftar Tabel untuk Tipe Data
NoTipe DataDeskrpsi
1StringUntuk menyimpan kata, kalimat.
2NumberUntuk menyimpan Angka
3BooleanUntuk menyimpan nilai benar dan salah "true/false"
4Arraymenyimpan beberapa nilai dengan jenis tipe data yang sama.
5ObjectMenyimpan beberapa nilai dengan jenis tipe data yang berbeda

Javascript memiliki dua tipe data yaitu tipe data dasar dan objek. tipe data dasar adalah string, number, boolean, null, undefined. Sedangkan yang termasuk dalam tipe data objek adalah selain nilai-nilai dari tipe data dasar seperti array dan fungsi.

4. Objek pada Tipe Data

Javascript memiliki konsep OOP. Oleh karena itu, tipe data dasar pun bisa menjadi sebuah objek. sebuah objek sendiri adalah variabel dengan property dan method. property merupakan nilai yang terkait dengan sebuah objek, dan method/fungsi adalah aksi untuk objek tersebut.

Sebagai contoh, salah satu method untuk mencari panjang karakter/teks adalah length.Jadi, jika Anda membuat variabel bernama alamat, maka Anda bisa menulisnya menjadi alamat.length. berikut contoh kodenya.

contoh kode/program/sintaks javascript
<script>

    var alamat = "Magelang Selatan";
    alert(alamat.length);
    // output = jumlah karakter dari "magelang Selatan" yaitu 16

</script>

Perhatikan penulisan kode diatas, dimana alamat.length akan menghasilkan output yaitu jumlah karakter yang ada di variabel alamat. "magelang selatan" berjumlah 16 karakter, spasi juga dihitung sebagai karakter.