Pengertian Tipe Data Non-Primitif pada Java | Reference data type

Bahasa Java menyediakan 2 jenis tipe data yaitu Tipe Data Primitive dan non-primitive. Sebelumnya sudah dibuat artikel yang membahas tentang 'Tipe Data Primitive', Selanjutnya pada artikel ini akan dibahas beberapa tipe data yang termasuk dalam jenis non-primitive.

Daftar isi

1. Pengertian Tipe Data Referensi

Tipe data non-primitive(referensi) adalah tipe data yang didefinisikan sendiri oleh programmer dan biasanya berisi lebih dari satu nilai. non-primitive bisa juga disebut dengan tipe data Referensi.

Artinya, Tipe data non-primitive tidak didefinisikan secara default oleh bahasa java(tidak built-in) melainkan didefinisikan sendiri. beberapa tipe data yang termasuk antara lain: string, array, interface, dsb.

Kenapa Tipe Data String tidak termasuk dalam jenis primitive?. Hal tersebut karena salah satu ciri dari tipe data primitive adalah tidak memiliki method, sedangkan tipe data string memiliki method.

2. Tipe Data String

Tipe Data String digunakan untuk menyimpan teks, berbeda dengan tipe data char yang hanya bisa menyimpan satu karakter saja, String bisa berisi beberapa karakter yang diapit dengan tanda kutip ganda.

Maka, untuk menyimpan dan mempresentasikan beberapa karakter yang membentuk sebuah kata atau kalimat, Anda bisa menggunakan tipe data String. String bukanlah Tipe Primitive(Sederhana) melainkan Tipe Referensi.

contoh: String nama = "GoTutorial.id", String alamat = "gotutorid.com"

3. Array Java

Jika pada Tipe data Primitive hanya bisa menampung satu nilai saja, Hal tersebut berbeda dengan array. Tipe Data Array dapat menampung banyak nilai sekaligus pada variabel, variabel tersebut biasa disebut dengan variabel array.

Untuk membuat array, Anda bisa menambahkan tanda kurung kotak setelah penulisan kata kunci, Kata kunci yang digunakan tergantung pada jenis tipe data apa yang akan digunakan.

Contohnya jika Anda ingin menampung banyak data, misalnya nama-nama buah, maka anda bisa menggunakan kata kunci String. Jika data-data yang akan disimpan dalam bentuk bilangan bulat, Maka bisa menggunakan kata kunci int.

contoh: String[] buah = {"jeruk","mangga","apel"}, int[] nilai = {75,80,65}

4. class

Definisi Class: class adalah cetakan yang berisi serangkaian perintah untuk membangun jenis objek tertentu. Kenapa class termasuk dari tipe data referensi?.

Pada dasarnya, class mirip dengan tipe data primitive, dimana tipe data primitive berguna untuk mendeklarasikan sebuah variabel, sedangkan class berguna untuk mendeklarasikan variabel dalam bentuk objek.

5. Interface

interface adalah tipe data referensi atau non-primitive yang secara tersetruktur mirip dengan class java. isi dari interface adalah deklarasi method tanpa isi(does not have a body), interface bisa berisi lebih dari 1 method.

contoh kode/program/sintaks java
interface Hewan{

    public void berbicara();
    public void tidur();

}

contoh kode diatas yaitu interface hewan yang berisi 2 method: berbicara(), dan tidur(). Sedangkan untuk mengakses method interface, Anda bisa menggunakan kata kunci implements yang diakses dari class lain.

contoh akses interface: class kucing implements Hewan{}

6. Enum Java

Enum bisa berisi lebih dari 1 nilai, Enum pada Java digunakan untuk membuat nilai yang bersifat seperti Konstanta(variabel dengan nilai tetap dan tidak berubah). Untuk membuat enum, gunakan kata kunci enum.

Untuk memasukkan beberapa nilai kedalam enum, gunakan tanda koma(,) sebagai pemisah antara nilai satu dengan nilai lainnya. Sedangkan cara mengakses nilai atau konstanta enum, gunakan tanda titik(.), misal level nama_variabel = level.ADMIN;

contoh: enum level = {ADMIN, MEMBER, GUEST}, enum db = {USER, PASS, HOST}