Tipe data Primitif: terdapat 8 Tipe data dasar pada Bahasa Java

Tipe data pada Java adalah jenis data yang disimpan pada sebuah wadah yang biasanya disebut variabel, variabel sendiri adalah sebuah tempat penyimpanan untuk menyimpan nilai.

Nilai yang disimpan pada variabel Java berbeda-beda, dan tergantung pada jenis tipe data apa yang digunakan pada variabel tersebut. Oleh karena itu, jika kita membahas suatu tipe data, pasti juga akan melibatkan variabel, begitu juga sebaliknya.

Jika kita membahas variabel, maka pastinya juga akan melibatkan jenis tipe data apa yang dipakai. Pada Bahasa Java terdapat 2 jenis tipe data, yaitu tipe data primitif dan non-primitif. Namun pada pembahasan kali ini, yang akan dibahas adalah tipe data primitif.

Daftar isi

1. Pengertian Tipe Data Primitif

Java adalah bahasa pemrograman dimana suatu variabel harus dideklarasikan sebelum digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan nama variabel dan jenis tipe data apa yang akan digunakan yang salah satunya adalah tipe primitif.

Tipe data Primitif adalah tipe data paling mendasar pada bahasa Java, tipe data primitif sudah didefinisikan oleh Java dan diberi nama dengan kata kunci, misal kata kunci int, long, char, dsb.

Terdapat 8 kata kunci atau 8 tipe data yang termasuk dalam jenis Primitif antara lain: tipe data byte, short, int, long, float, double, boolean, char. dan berikut tabel untuk nilai default-nya.

Daftar Tabel untuk Pengertian Tipe Data Primitif
NoTipe DataDefault Value
1byte(8-bit)0
2short(16-bit)0
3int(32-bit)0
4long(64-bit)0L
5float(32-bit)0.0f
6double(64-bit)0.0d
7boolean(8-bit)false
8char(16-bit)\u0000

Dari 8 tipe data yang tersedia, 8 tipe data tersebut dibagi menjadi 3 kelompok antara lain: Number(bilangan bulat, pecahan), Character, Logika. Berikut penjelasan untuk 3 kelompok tersebut dalam bentuk gambar.

gambar 2 jenis tipe data java: Tipe data primitif dan non-primitif
Gambar 1

1.1  Bilangan Bulat

Tipe data primitif yang termasuk dalam kelompok Bilangan bulat antara lain: byte, short, int, dan long. Semua tipe data tersebut bersifat signed yang artinya bisa mempresentasikan bilangan positif dan negatif.

1.2  Bilangan Pecahan

Tipe data primitif yang termasuk dalam kelompok Bilangan Pecahan adalah tipe data float dan double. float dan double digunakan untuk mempresesntasikan nilai yang mengandung pecahan.

1.3  Karakter

hanya 1 tipe data yang termasuk dalam kelompook karakter yaitu tipe data char. char hanya bisa menampung satu karakter saja, jika lebih akan muncul pesan error

1.4  Logika

Tipe data untuk kelompok logika dalah tipe data boolean, tipe data boolean digunakan dalam sebuah kondisi yang akan bernilai benar(true) dan salah(false).

2. Tipe Data byte

Tipe Data byte adalah tipe data integer 8-bit yang bersifat signed. Nilai minimum untuk tipe data byte adalah -128, dan nilai maksimum-nya adalah 127. Nilai default-nya adalah 0.

Tipe data byte digunakan untuk menhemat penggunaan ruang memori pada array yang besar, itu karena byte 4 kali lebih kecil dari tipe data int. Tipe data byte bisa juga digunakan sebagai pengganti dari int.

contoh: byte x = 99, byte y = -99

3. Tipe Data short

Tipe Data short juga merupakan integer 16-bit yang bersifat signed. Jangkauan nilai antara -32768 sampai 32767 dengan nilai minimumnya adalah -32768, dan nilai maksimumnya adalah 32767. Sedangkan nilai default-nya adalah 0.

Tipe data short juga dapat digunakan untuk menhemat ruang memori seperti pada tipe data byte, dimana tipe data short 2 kali lebih kecil dari integer.

contoh: short a = 9999, short b = -9999

4. Tipe Data int

Tipe data int adalah tipe data yang paling sering digunakan, yang merupakan integer dengan ukuran 32-bit dan bersifat signed. Nilai minimumnya adalah -2147483648, dan nilai maksimumnya adalah 2147483647.

Tipe data int sangat umum digunakan untuk menampung nilai-nilai integral, bisa juga digunakan untuk index dalam struktur perulangan maupun sebuah array. Nilai default untuk tipe data int adalah 0.

contoh: int a = 100000, int b = -99999

5. Tipe Data long

Tipe data long adalah tipe data integer dengan ukuran 64-bit dan bersifat signed, nilai minimum untuk tipe data long adalah -9223372036854775808, sedangkan nilai maksimumnya adalah 9223372036854775807.

Tipe data long lebih sering digunakan untuk kasus tertentu yang menampung nilai dengan jangkauan yang lebih besar dari tipe data int. Nilai default untuk tipe data long yaitu 0L.

contoh: long a = 999999999, long b = -999999999

6. Tipe Data float

Tipe data float adalah tipe data yang menandakan nilai desimal yang menggunakan ruang penyimpanan dengan ukuran 32-bit. Tipe data float digunakan untuk nilai-nilai yang mengandung presisi tunggal(single-precision).

single-precision memakan ruang penyimpanan setengah kali lebih sedikit dari double-precision. float bisa juga digunakan untuk menghemat ruang pada array besar yang berisi nilai desimal.

Tipe data float tidak cocok digunakan untuk nilai-nilai seperti nilai mata uang. nilai default untuk tipe data float tersebut adalah 0.0f

contoh: float suhu, float f1 = 234.5f

7. Tipe Data double

Tipe data double digunakan untuk nilai desimal yang mengandung tingkat presisi ganda(double-precision) dengan ukuran 64-bit. Tipe data double biasa digunakan sebagai nilai default untuk nilai desimal.

Tipe data double akan lebih cepat untuk perhitungan matematis daripada tipe data float, dan akan menghasilkan nilai yang lebih akurat. Nilai default untuk tipe data double adalah 0.0d

contoh: double pi = 3.14, double r = 21

8. Tipe Data boolean

Tipe data boolean digunakan untuk menghasilkan nilai logika dan hanya ada 2 nilai yang dihasilkan, yaitu true dan false. Tipe data ini ditandai dengan kata kunci boolean.

Tipe data boolean digunakan sebagai penanda untuk kondisi benar atau salah, dan sering digunakan bersamaan dengan penggunaan if else. Sedangkan nilai default yang dimiliki tipe data boolean adalah false.

contoh: boolean a = true, boolean b = false

9. Tipe Data char

Tipe data char menyatakan suatu karakter Unicode yang membutuhkan ukuran 16-bit, Unicode adalah sekumpulan karakter yang terdapat pada semua bahasa seperti yunani, arab, latin.

Tipe data char digunakan untuk menampung karakter apa saja dan hanya 1 karakter saja, contohnya 'char huruf = 'A''. Nilai minimumnya adalah '\u0000', dan nilai maksimumnya adalah '\uffff'.

Bahasa java mendukung dan menyediakan beberapa escape sequence untuk literal string dan char. Berikut daftar tabel berisi escape sequence.

Daftar Tabel untuk Tipe Data char
NoNotasiKarekter yang dipresentasikan
1\bbackspace
2\fhalaman baru
3\nbaris baru
4\rawal baris
5\sspasi
6\ttab
7\'Tanda petik tunggal
8\"Tanda petik ganda
9\Backslash/garis miring
10\dddKarakter Octal
11\uxxxxKarakter Unicode Hexadesimal