Pengertian dan cara Memanipulasi Tipe Data String pada Bahasa Java

Tipe Data String pada Java adalah tipe data yang dapat menyimpan berbagai karakter sekaligus seperti huruf, angka, dan karakter lainnya. Pada umumnya, suatu string ditandai dengan adanya kumpulan dari berbagai karakter yang ditulis diantara tanda kutip ganda atau tunggal.

Daftar isi

1. Pengertian keyword String pada Java

String pada Bahasa Java adalah Kata kunci yang digunakan untuk menyimpan kalimat atau teks yang merupakan gabungan dari huruf, angka, spasi, dan berbagai karakter lainnya. Penggunaan keyword String pada variabel menandakan bahwa tipe data yang digunakan adalah String.

Variabel String berisi kumpulan dari beragai karakter atau bisa disebut dengan Array of Char yang dibungkus dengan tanda kutip ganda atau tanda kutip tunggal.

2. Cara Membuat String di Java

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat objek String di Java yaitu secara langsung membuat String(String Literal) atau bisa juga dengan kata kunci(keyword) New, coba perhatikan contoh program java berikut.

contoh kode/program/sintaks java
public class Gotutorid{

    public static void main(String[]args){

        /* contoh string literal */
        String nama = "Nama : Situs pemrograman";
        System.out.println(nama);
        
        /* contoh menggunakan keyword new */
        String url = new String ("url : https://gotutorid.com");
        System.out.println(url);

    }
}

/* Output
    Nama : Situs pemrograman
    url : https://gotutorid.com
*/

2.1  String Literal

Literal adalah serangkain angka atau rangkain huruf yang menyatakan suatu nilai. Ada berbagai jenis literal pada Java yang salah satunya adalah String Literal.

String Literal terdiri dari serangkaian huruf, angka atau simbol tertentu yang biasanya diapit dengan tanda kutip ganda dan ditandai dengan adanya keyword String.

Untuk membuat String dengan cara ini, tulis keyword String sebelum nama variabelnya, keyword String menunjukkan bahwa tipe data yang akan dibuat yaitu berjenis String.

setelah itu, Anda bisa menggunakan tanda kutip ganda atau tunggal untuk membungkus kalimat/teks yang akan dijadikan sebagai value untuk variabel String.

contoh: String nama = "Mafazi Rahman";.

2.2  Menggunakan kata kunci new

Penggunaan dari kata kunci New akan membuat objek baru khususnya objek String dalam memori normal(non-pool) kemudian akan ditempatkan di String constant Pool.

String constant Pool adalah kumpulan dari nilai reference dimana suatu String Objek ditempatkan.

Cara lainnya, Anda bisa langsung membuat String tanpa keyword String yaitu langsung menggunakan tanda kutip untuk membungkus kalimat. contoh: System.out.println("Mafazi Rahman");.

3. Karakter Spesial Pada Java

Suatu string ditulis dengan cara diapit dengan tanda kutip ganda maupun tunggal. Nah, karena String ditulis diantara tanda kutip ganda/tunggal, Java mungkin akan menampilkan pesan error jika Anda menulis string disertai dengan tanda kutip ganda/tunggal. misalkan pada contoh kode berikut.

contoh kode/program/sintaks java
String txt = "Belajar "Java" di gotutorid.com";

Karena penulisan String dimulai dan diakhiri dengan tanda kutip, maka Anda bisa menggunakan tanda garis miring terbalik(\) sebagai karakter escape yang memberitahu java bahwa penulisan string belum selesai, dan berikut contoh kode yang benar.

String txt = "Belajar \"Java\" di gotutorid.com";

Sebagai referensi tambahan mengenai karakter spesial pada string, berikut beberapa escape sequence pada java yang memiliki maksud tertentu dalam penggunaannya.

Daftar Tabel untuk Karakter Spesial Pada Java
NoNotasiKarekter yang dipresentasikan
1\nBaris Baru
2\rAwal Baris
3\fHalaman Baru
4\bBackspace
5\sSpasi
6\tTab
7\"Tanda Petik Dua
8\'Tanda Petik
9\Garis Miring Terbalik
10\dddKarakter Octal
11\uxxxxKarakter Unicode Hexadecimal

4. Cara Mengetahui Jumlah Karakter String

Sebuah String pada bahasa Java sebenarnya adalah Objek yang berisi methods yang dapat melakukan suatu operasi tertentu, misalnya Anda bisa mengetahui panjang String dengan method length().

Artinya, method length() dapat digunakan untuk mengetahui jumlah karakter pada String. misalkan pada String "Gotutorid" jika dihitung secara manual akan berjumlah 9 karakter berupa huruf.

Lalu bagaimana jika isi dari String berisi kalimat yang panjang, dan tidak memungkinkan untuk dihitung jumlah karakternya secara manual, maka untuk itulah bisa menggunakan method lenght() untuk mengetahui jumlah karakternya.

contoh kode/program/sintaks java
public class Gotutorid{

    public static void main(String[]args){

        String teks = "Bagaimana Cara Hidup yang Baik";
        System.out.println(teks.length());
        // 30

    }
}

5. Cara Menggabungkan String(Concatenating)

Concatenating adalah penggabungan String antara suatu String dengan String yang lainnya, Anda bisa memanfaatkan Operator plus(+) dan fungsi dari method concat() untuk menggabungkan String.

5.1  Operator Plus(+)

Jika pada Operasi Aritmatika, operator plus dengan simbol + digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, Nah Operator plus(+) disini bisa digunakan untuk menggabungkan String. contoh:

public class Gotutorid{
    
    public static void main(String[]args){

		String awal = "Mafazi ";
		String akhir = "Rahman";
		System.out.println(awal + akhir);
		// output : Mafazi Rahman
        
	}

}

5.2  Method concat()

concat() adalah suatu method yang bisa digunakan untuk menggabungkan 2(dua) String, contoh: System.out.println(namaAwal.concat(namaAkhir));

public class Gotutorid{
    
    public static void main(String[]args){

		String awal = "Mafazi ";
		String akhir = "Rahman";
		System.out.println(awal.concat(akhir));
		// output : Mafazi Rahman
        
	}

}

6. Memformat String dengan method format()

Format String adalah suatu method yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan dan memformat String, bahkan Anda bisa mengabungkan tipe data tertentu misal tipe String, integer, float, character, atau tipe data lainnya dan menampilkannya kedalam bentuk yang telah diformat.

Dengan tambahan suatu Specifier atau format specifiers(format penentu), Anda bisa memformat suatu nilai tertentu misal integer atau string. contoh specifier: simbol %s untuk nilai String.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara menggunakan method format() beserta dengan format penentunya(specifier) pada java, bisa Anda lihat pada contoh program java berikut.

contoh kode/program/sintaks java
public class Gotutorid{

    public static void main(String[]args){

        String nama = "Gotutorid.com";
        int tahun = 2018;
        String tampil = String.format("Situs %s ini, dibuat pada tahun %d", nama, tahun);
        System.out.println(tampil);

    }
}

dari beberapa baris kode java diatas, saya mencontohkan penggunaan dari method format dengan tambahan 2 specifier yaitu simbol %s dan simbol %d, dimana simbol %s untuk String dan simbol %d untuk Integer/angka. dan berikut tampilan output dalam bentuk console.

tampilan dari contoh kode Java menggunakan method format()
Gambar 6

Selain dari contoh 2 specifier diatas yaitu simbol %s dan %d, berikut adalah tabel yang berisi beberapa specifier pada java sebagai tambahan referensi yang bisa digunakan untuk mengambil tipe data tertentu dan menggabungkannya kedalam String.

Daftar Tabel untuk Memformat String dengan method format()
NoSpecifierDeskripsi
1%afloating point(output HEX)
2%bsemua tipe
3%ccharacter(karakter unicode)
4%dinteger(angka desimal)
5%efloating point(angka desimal dalam bentuk scientific notation
6%ffloating point(angka desimal)
7%gfloating point
8%hsemua tipe
9%nnone
10%ssemua tipe(nilai String)

7. Method Untuk String Pada Java

jika pada pembahasan sebelumnya diatas, Anda mungkin sudah membaca penjelasan dari beberapa method java seperti method format(), length(), atau concat().

Bahasa Java sendiri menyediakan beberapa String Methods yang bisa digunakan, seperti method toUpperCase() yang berfungsi untuk merubah semua huruf pada kalimat/string menjadi huruf kapital. berikut selengkapnya beberapa method untuk string pada java.

Daftar Tabel untuk Method Untuk String Pada Java
NoMethodDeskripsi
1length()mengetahui jumlah karakter pada string
2concat()menggabungkan string
3format()mengembalikan nilai string yang terformat
4isEmpty()memeriksan apakah suatu string kosong
5replace()mengganti beberapa karakter pada string dengan karakter yang telah ditentukan
6toLowerCase()merubah string menjadi huruf kecil semua
7toUpperCase()merubah string menjadi huruf kapital semua
8indexOf()mengetahui nilai index suatu karakter pada string