Belajar Mengenal dan Memulai Pemrograman Java

Bahasa pemrograman merupakan teknik komunikasi untuk mengekspresikan perintah kepada komputer. Bahasa pemrograman dapat dibedakan menjadi tingkat rendah, tingkat menengah, dan tingkat tinggi.

Bahasa Pemrograman Java Merupakan Bahasa pemrograman Tingkat tinggi yang memiliki ciri-ciri karena kedekatannya dengan kehidupan sehari-hari. Lalu, Apa itu Java?

Daftar isi

1. Pengertian Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang powerfull dan serbaguna, java dapat dijalankan di berbagai komputer desktop, telepon genggam dan server. Bahasa Java pada awalnya dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh James Gosling di perusahaan Sun Microsystem.

Pada awalnya bahasa ini bernama Oak hingga pada tahun 1995 bahasa pemrograman tersebut berganti nama menjadi Java. Pada tahun 1996 Java merilis versi pertama yang dinamakan Java Versi 1.0 kemudian dikembangkan terus di versi selanjutnya.

Untuk selengkapnya tentang Sejarah java, bisa dilihat di situs resminya yaitu www.java.com. berikut selengkapnya tentang java.

1.1  Java adalah Bahasa Pemrograman

Sebagai suatu bahasa pemrograman, Java dapat membuat aplikasi dalam bentuk desktop, web, android dan lainnya. Selain itu, java dapat dijalankan di-berbagai platform sistem operasi dan juga dapat dikembangkan karena besifat open source.

1.2  Development Environment

Sebagai development environment atau sebuah peralatan pembangunan, Java menyediakan banyak tools antara lain : Compiler, interpreter, javadoc, paket kelas dan lain sebagainya.

1.3  Deployment Environment

Hampir seluruh Web Browser menyediakan interpreter dan runtime environment. Nah, interpreter dan runtime environment tersebut merupakan komponen utama dari Deployment Environment. selain komponen tersebut, Deployment Environment juga memiliki komponen yang lain yaitu JRE yang ada pada paket J2SDK.

1.4  Sebuah Aplikasi

Sebuah Aplikasi yang dibuat dengan teknologi java, pada umumnya adalah aplikasi serbaguna yang dapat dijalankan diberbagai mesin yang memiliki Java Runtime Environment (JRE).

2. Kelebihan Java

Kelebihan utama dari java adalah Multiplatform yaitu dapat dijalankan diberbagai sistem operasi komputer. Dengan kelebihan tersebut, sebuah prgram java dapat dikompilasi sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di beberapa platform tanpa perubahan.

Java juga memiliki kelengkapan library-library yang memudahkan seorang pemrogram untuk mengembangkan apilkasi java. Kelengkapan library tersebut didukung dengan keberadaan komunitas java yang secara terus menerus membuat library baru untuk melengkapi dalam pembangunan aplikasi.

Selain itu, bahasa java bersifat dinamis dan juga memiliki performa yang tinggi karena menggunakan compiler secara langsung. Bahasa Java juga Bersifat Terdistribusi yang secara khusus didesain untuk bekerja dalam lingkungan internet/jaringan.

3. Kelemahan Java

Bahasa Pemrograman Java memang memiliki banyak sekali fitur dan kelebihan mulai dari penggunaannya yang mudah dalam menyusun script, library-library yang lengkap hingga fitur OOP yang menjadi ciri khas dari java.

Disamping beberapa fitur dan kelebihan java, kelebihan tersebut harus didukung dengan kebutuhan memory yang besar. Hal tersebut menyebabkan beberapa aplikasi Java membutuhkan resource memory yang besar. Tentunya, komputer yang dipakai juga harus memiliki kapasitas RAM yang besar.

4. Tools Yang Diperlukan Java

Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan program-progam java antara lain : Sistem Operasi seperti Windows, Linux, dan Mac., Java SE/JDK, editor text/notepad, NetBeans, dan Sebuah server apabila Anda akan bekerja dengan database seperti XAMPP dan WAMP.

5. Download Java JDK

Ada berbagai versi JDK yang tersedia, Anda bisa mengunakan salah satu versi JDK. Salah satunya bisa menggunakan versi 8 yang masih didukung hingga tahun 2025 atau versi terbaru saat ini Java SE 12.0.1 yang rilis pada Maret 2019.

Anda juga bisa menggunakan Java SE 11(LTS) versi yang lebih lama karena masih didukung hingga tahun 2026. Untuk lebih jelasnya tentang sejarah Versi Java bisa Anda baca disini wikipedia.org.

Selanjutnya untuk Tutorial Download dan install Java JDK bisa Anda simak di artikel ini Install Java JDK.

6. Program Java Pertama

Anda Bisa membuat Program Java berbasis console atau Program Java Berbasis Graphical User Interface(GUI). Dibawah ini adalah contoh program Java berbasis console untuk melakukan pengujian kode agar Anda bisa fokus pada sintaks-sintaks java.

contoh kode/program/sintaks java
public class Hello{
    public static void main(){
        // Output : Halo Dunia, Halo indonesia!
        System.out.println("Halo Dunia, Halo Indonesia!");
    }
}