Macam Macam Operator pada Bahasa Pemrograman Java

Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai berbagai macam jenis Operator pada Bahasa Java, seperti Aritmatika, Assignment, Bitwise, Relasional, dan lain sebagainya. Berikut beberapa jenis operator yang sudah saya rangkum.

Daftar isi

1. Operator Aritmatika pada Java

Operator pertama yang akan dibahas adalah operator Aritmatika yang merupakan operator paling umum digunakan, bahkan didunia nyata, kita sering menggunakan operator aritmatika tersebut.

Operator Aritmatika digunakan pada ekspresi matematika seperti pada operasi aljabar. Operator yang termasuk dalam jenis aritmatika antara lain: Operator +, -, *, /, %, ++, --.

Operator-operator pada Aritmatika terbagi dalam 2 kelompok yaitu Operator Binary dan Unary. berikut penjelasan dari kedua jenis operator tersebut.

1.1  Operator Binary

Operator Binary adalah operator yang dalam penggunaannya melibatkan 2 buah operand, misal 7 + 2. Berikut adalah tabel berisi daftar operator yang termasuk dalam jenis Binary.

Daftar Tabel untuk Operator Binary(Aritmatika)
NoSimbolNama OperatorDeskripsi
1+PenjumlahanMenjumlahkan 2 buah operand
2-PenguranganMengurangi suatu Operand dengan Operand yang lainnya
3*PerkalianMelakukan Perkalian dari 2 buah Operand
4/PembagianMembagi suatu Operand dengan Operand lainnya
5%ModulusMenghasilkan sisa bagi dari hasil pembagian

1.2  Operator Unary

Operator Unary adalah operator yang melibatkan satu buah operand, misalkan variabel A bernilai negatif 5, maka Anda bisa menggunakan Operator negatif sebagai penanda bahwa variabel A bernilai negatif(-A).

Daftar Tabel untuk Operator Unary(Aritmatika)
NoSimbolNama OperatorDeskripsi
1+PositifMenandakan suatu bilangan menjadi bernilai positif
2-NegatifMenandakan suatu bilangan menjadi bernilai negatif
3++IncrementMenambah 1 nilai keatas pada suatu operand(variabel)
4--DecrementPenurunan: mengurangi 1 nilai kebawah pada operand(variabel)

Coba perhatikan dan pahami, Operator '+' memiliki 2 makna, yaitu Operator + sebagai penjumlahan dan Operator + sebagai penanda bahwa suatu nilai bernilai positif. Lalu bagaimana jika Operator + digunakan untuk menjumlahkan String?.

2. Operator 'String Concatenation'

Jika Operator dengan simbol '+' pada Aritmatika bisa dimaknai sebagai Operator Penjumlahan dan Operator Positif, maka berikut akan dijelaskan fungsi lain dari Operator dengan simbol plus(+).

2.1  Menggabungkan 2 String

Fungsi pertama dari Operator plus(+) yaitu bisa digunakan untuk menggabungkan 2 nilai yang berisi tipe data String. Berikut contoh program java untuk menggabungkan 2 buah String.

contoh program,kode,syntax
public class Gotutorid{
    
    public static void main(String[]args){

	String awal = "Mafazi ";
	String akhir= "Rahman";
	System.out.println(awal + akhir);
	
    }
}

2.2  Menggabungkan Angka dengan String

Fungsi kedua dari Operator plus(+) yaitu, Anda bisa menggunakan-nya untuk menggabungkan 2 nilai, nilai pertama berisi Angka(int) dan nilai kedua berisi String. Contoh.

contoh program,kode,syntax
public class Gotutorid{
    
    public static void main(String[]args){

	String kata = "Indonesia ";
	int angka= 17081945;
	System.out.println(kata + angka);
	
    }
}

2.3  Fungsi Lainnya

Fungsi lainnya yaitu, Anda bisa menggunakan Operator plus(+) untuk menggabungkan 2 nilai yang salah satu nilainya merupakan variabel referensi dengan nilai null.

Variabel Referensi adalah variabel yang berisi tipe data yang didefinisikan sendiri oleh programmer, atau bisa disebut dengan 'Tipe Data Referensi'. Berikut contoh operator + untuk menjumlahkan nilai NULL.

contoh program,kode,syntax
public class Gotutorid{
    
    public static void main(String[]args){

	String kata = "nilainya ";
	System.out.println(kata + null);
	
    }
}

Kesimpulan-nya adalah, Operator plus(+) pada pembahasan No.2 ini disebut Operator Concatenation yang juga menggunakan tanda plus(+) seperti pada operator penjumlahan dan positif.

3. Operator Assignment pada Java

Pada dasarnya, Operator Assignment adalah operator yang digunakan untuk memasukkan nilai ke dalam variabel. Operator tersebut disimbolkan dengan tanda '=', misal int jumlah = 25;.

Lalu bagaimana jika penulisannya seperti ini 'A += 3;', Hal tersebut hasilnya akan sama dengan 'A = A + 3'. Nah, Operator += disebut operator gabungan dari tanda plus dan assignment.

3.1  Operator Sama Dengan

Sama seperti pada pembahasan diatas, Operator sama dengan(=) disebut sebagai Operator Assignment. Operator tersebut digunakan untuk memasukkan nilai ke dalam variabel.

contoh: int jumlah = 25;

3.2  Operator Gabungan

Operator-operator yang termasuk dalam jenis Operator Gabungan disini, pada dasarnya adalah gabungan dari Operator Assignment dan Operator Aritmatika. berikut daftar operator gabungan.

Daftar Tabel untuk Operator Gabungan pada Java
NoOperatorNama Operasicontoh
1+=PenjumlahanA += B sama dengan A=A+B
2-=PenguranganA -= B sama dengan A=A-B
3*=PerkalianA *= B sama dengan A=A*B
4/=PembagianA /= B sama dengan A=A/B
4%=ModulusA %= B sama dengan A=A%B

4. Operator Relasional pada Java

Semua Operator yang termasuk dalam jenis Operator Relasional adalah operator yang digunakan untuk membandingkan 2 buah operand, hasil yang akan didapat hanya 2 nilai yaitu TRUE dan FALSE.

Semua Operator Relasional lebih sering dimanfaatkan dalam pembuatan struktur if else, dan berikut tabel berisi daftar operator yang termasuk dalam kategori Operator Relasional.

Daftar Tabel untuk Operator Relasional pada Java
NoOperatorContoh
1==(10 == 20) akan menghasilkan nilai FALSE
2!=(10 != 20) akan menghasilkan nilai TRUE
3>(10 > 20) akan menghasilkan nilai FALSE
4<(10 < 20) akan menghasilkan nilai TRUE
5>=(10 >= 20) akan menghasilkan nilai FALSE
6<=(10 <= 20) akan menghasilkan nilai TRUE

5. Operator Logika pada Java

Berbeda dengan Operator Relasional, Operator Logika digunakan untuk membandingkan 2 buah Operand, dimana kedua operand tersebut bernilai Logika yaitu TRUE atau FALSE.

Nilai yang akan dihasilkan dari penggunaan operator logika adalah boolean(TRUE atau FALSE), dan berikut tabel berisi daftar Operator Logika dalam lingkup Java.

Daftar Tabel untuk Operator Logika pada Java
NoOperatorContoh
1&&(true && false) akan menghasilkan nilai FALSE
2||(true || false) akan menghasilkan nilai TRUE
3!!(true && false) akan menghasilkan nilai TRUE

6. Operator Bitwise pada Java

Operasi Bitwise secara khusus digunakan untuk melakukan operasi dalam bentuk bit(biner). beberapa Operator bitwise antara lain: &, ^, |,dsb. berikut tabel berisi daftar operator Bitwise.

Daftar Tabel untuk Operator Bitwise pada Java
NoOperatorDeskripsi
1&Operasi dalam bentuk bit dengan logika AND
2|Operasi dalam bentuk bit dengan logika OR
3^Operasi dalam bentuk bit dengan logika XOR
4~Operasi dalam bentuk bit dengan logika NOT/Negasi
5>>Pergeseran bit kekanan
6<<Pergeseran bit kekiri

7. Operator Ternary pada Java

Operator Ternary atau bisa disebut dengan Operator Kondisional adalah Operator khusus yang digunakan untuk mengevaluasi ekspresi logika dan melibatkan 3 buah operand dalam proses-nya.

Tujuan utama dari Operator Ternary adalah untuk menentukan nilai mana yang akan di-assignment ke dalam variabel. Operator Ternary menggunakan 2 simbol yaitu tanda ? dan :, berikut contoh kodenya.

contoh kode/program/sintaks java
public class Gotutorid{

    public static void main(String[]args){

        int x = 50;
        int y = 40;
        String hasil = (x == y) ? "Anda Benar" : "Anda Salah;
        System.out.println(hasil);

    }
}

contoh kode diatas akan menghasilkan nilai true, dari contoh program sederhana diatas, dapat disimpulkan bahwa syntax penulisan untuk operator Ternary adalah sebagai berikut.

syntax: logika ? benar : salah

8. Operator Instanceof pada Java

Operator instanceof adalah operator yang hanya digunakan untuk variabel dengan tipe data referensi, yaitu variabel referensi objek. instanceof akan memeriksa apakah variabel referensi merupakan tipe tertentu atau tidak.

syntax: variabel instanceof tipe_data

Jika Objek yang direferensikan, yaitu variabel_Referensi disebelah kiri kata kunci 'instanceof' berisi tipe data sama dengan disebelah kanan, maka hasilnya adalah TRUE.