Pengertian Variabel dan 3 Jenis Variabel pada Pemrograman Java

Artikel ini membahas pengertian dari variabel Java, cara membuat dan menampilkan variabel, Selanjutnya juga akan melibatkan 3 jenis variabel java yang akan dibahas antara lain : Local Variable, Instance Variable, dan Static Variable.

Daftar isi

1. Pengertian Variabel pada Java

Secara umum, Variabel pada java adalah wadah atau tempat untuk menyimpan suatu data atau nilai pada memori dengan tipe tertentu. Java memiliki tipe spesifik yang dapat menentukan beberapa hal mendasar.

Beberapa hal mendasar dari tipe spesifik pada variabel seperti: menentukan ukuran memori, layout memori, operasi yang dapat dijalankan berdasarkan tipe variabel, dan jangkauan nilai yang dapat disimpan.

Pada Java, Anda perlu mendeklarasikan semua variabel yang akan digunakan. Contoh penulisan untuk mendeklarasikan suatu variabel seperti ini 'tipe_data nama_variabel;'. untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut.

ilutrasi deklarasi variabel pada JAVA
Gambar 1

Pada gambar diatas, variabel dengan nama alamat dideklarasikan sekaligus diinisialisasi dengan nilai "gotutorid.com". Selanjutnya untuk mendeklarasikan lebih dari satu variabel, Anda bisa menggunakan tanda koma(,) sebagai pemisah antara nama variabel yang dibuat, misal String nama, alamat;.

2. Membuat dan Menampilkan Variabel

Seperti pada pembahasan No 1, untuk bisa menggunakan variabel java, Anda harus mendeklarasikan terlebih dahulu sebelum digunakan. Struktur penulisan dasar untuk mendeklarasikan variabel java yaitu 'tipe_data nama_variabel = nilai;'.

Pertama Anda perlu menuliskan jenis tipe data yang akan digunakan untuk variabel java. Terdapat 2 jenis tipe data pada Java yaitu Tipe Data Primitif(int, float, double, dll) dan Tipe Data Non Primitif(String, array).

Kedua adalah menulis nama variabel, setelah penulisan nama variabel jangan lupa tulis tanda titik koma(;) sebagai penutup, sehingga contoh penulisannya akan seperti ini 'String nama, alamat;'.

Setelah Anda mendeklarasikan variabel, selanjutnya Anda bisa mulai mengisi nilai untuk variabel(inisialisasi). Nilai yang dimasukkan ke variabel harus sesuai dengan tipe data pada variabel. Misal nilai untuk tipe data String adalah kalimat, kata, nama("budi", "ani", dsb).

yang terakhir yaitu Anda bisa mulai menampilkan isi variabel, misalkan dengan perintah 'System.out.println("Namaku Adalah : "+nama);'. dan berikut adalah contoh program java berbasis console untuk membuat dan menampilkan variabel.

contoh kode/program/sintaks java
public class Variabel{

    public static void main(String[]args){

        // Deklarasi Variabel
        String produk;
        int harga;
        
        // input nilai untuk variabel
        produk = "Roti";
        harga = 1500;
        
        // menampilkan isi variabel
        System.out.println("\n");
        System.out.println("Nama Produk : "+ produk);
        System.out.println("Harga Produk : "+ harga);
        System.out.println("\n");
    }

}

dari contoh kode diatas, saya membuat variabel produk dengan tipe data string, dan variabel harga dengan tipe data integer. Selanjutnya berikut tampilan dari program sederhana diatas pada console.

tampilan output dari program java berbasis console
Gambar 2

3. Local Variable

Local Variable adalah variabel yang hanya dideklarasikan atau dibuat didalam method, konstruktor, dan blok. Variabel Lokal pada java dibuat ketika method atau Konstruktor dijalankan dan akan dihapus setelah selesai dijalankan.

Karena Variabel local hanya dibuat didalam method maupun konstruktor, maka Variabel Lokal hanya dapat digunakan didalam method maupun konstruktor tempat variabel tersebut dideklarasaikan.

Nilai untuk Variabel Lokal harus dideklarasikan dan diinisialisasi sebelum digunakan. Yang terakhir adalah penggunaan modifier akses seperti public, private, dan protected tidak dapat digunakan untuk variabel dengan jenis Local Variable.

Jika Anda tidak menginisialisasi variabel didalam method maupun konstruktor, maka kompiler java akan menampilkan pesan Error. Berikut adalah contoh program java berisi variabel lokal yang didefinisikan didalam Method 'hitung()'.

contoh kode/program/sintaks java
public class Lokal{

    public void hitung(){
        int jumlah = 25 * 5;
        
        System.out.println("\n");
        System.out.println("Jumlah Perkalian dari Angka 25 dan 5 Adalah "+ jumlah);
        System.out.println("\n");
    }

    public static void main(String[]args){

        Lokal tampil = new Lokal();
        tampil.hitung();

    }

}

dari contoh program java berbasis console diatas, berikut adalah tampilan output hasil program tersebut pada console.

program java berbasis console dengan Local variable
Gambar 3

4. Instance Variable

Instance Variable adalah variabel yang dideklarasikan diluar Method, Konstruktor maupun blok tetapi masih didalam sebuah Class. Variabel Instance dideklarasikan dalam Class sebelum atau sesudah digunakan.

Variabel Instance pada Java dibuat ketika suatu objek dibuat dengan kata kunci new, dan akan dihapus ketika suatu objek tersebut juga dihapus.

Secara default, Variabel instance memiliki nilai False untuk tipe boolean, nilai 0 untuk tipe numerik, dan memiliki nilai null untuk tipe referensi objek.

5. Static Variable

Static Variable atau Anda bisa menyebutnya dengan Variabel kelas/Variabel Static adalah variabel yang dideklarasikan menggunakan keyword static diluar method, Konstruktor maupun blok, tetapi masih didalam suatu class.

Variabel Static dibuat ketika suatu program dijalankan dan akan dihapus ketika suatu program tersebut berhenti. Penggunaan Modifier akses seperti private, public, protected dapat digunakan untuk static variable.

Anda bisa menggunakan variabel static yang dideklarasikan sebagai Konstanta. Konstanta adalah tempat untuk menyimpan nilai yang bersifat tetap dan tidak berubah. Untuk membuat konstanta, Anda bisa menambahkan keyword final setelah keyword static.

Jika anda menggunakan variabel static sebagai Konstanta, maka Anda perlu menuliskan nama variabel yang dideklarasikan dengan huruf kapital. Sedangkan jika tidak dideklarasikan sebagai Konstanta, maka penulisannya sama dengan variabel lokal dan instance.