12 Karakteristik dan Fitur-Fitur pada Teknologi Java

Berbicara mengenai Karakteristik dan Fitur pada java, Fitur dan Karakteristik adalah 2 kata yang memiliki perbedaan arti yang tipis.

Karakteristik menggambarkan suatu kualitas yang khas pada java. Misal, java memiliki kualitas/karakteristik yang aman, dinamis, portabel dan sederhana.

Sedangkan Fitur yaitu menggambarkan bagian-bagian atau ciri-ciri yang khas pada Bahasa java. Menurut sumber JENI(Java Education Network), terdapat 3 fitur java yang merupakan sebagian dari beberapa fitur java yaitu Java Virtual Machine(JVM), Code Securty, dan Garbage Collection.

Daftar isi

1. 12 Karakteristik Java

Menurut informasi resmi dari Sun Microsystem, Java adalah Bahasa pemrograman yang memiliki karakteristik yang simple, sederhana, kuat, dinamis, aman, serta masih banyak lagi karakteristik dari java. berikut beberapa karakteristik tersebut.

1.1  Aman

Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan sehingga Anda bisa membuat sistem/aplikasi yang bebas virus dan powerfull.

1.2  Architectural Neutral

Program Java merupakan Platform Independent dimana compiler java membuat format file objek yang Netral terhadap berbagai arsitektur, sehingga program cukup hanya 1 versi saja dan dapat dijalankan diberbagai platform yang sudah memiliki JVM.

1.3  Berorientasi Objek

Dalam java, semua adalah objek. Java bersifat OOP yang memodelkan dunia nyata kedalam objek sehingga dapat dilakukan interaksi antar objek-objek tersebut.

1.4  Dinamis

Java didesaign agar dapat beradaptasi dengan lingkungan pengembangan. Artinya jika Anda ingin menambahkan properti maupun method pada suatu class, dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu program yang menggunakan class tersebut.

1.5  Multithreaded

Java memiliki kemampuan interaktif yang memungkinkan Anda untuk membuat program yang dapat mengerjakan banyak tugas sekaligus tanpa harus kesulitan menangani proses selanjutnya.

1.6  Performa Tinggi

Java memiliki performa yang tinggi karena menggunakan compiler secara langsung. Namun, Anda juga dapat meningkatkan performa java menggunakan kompilasi java lain seperti buatan dari Inprise, Microsoft ataupun Symantec.

1.7  Platform Independent

Java di-kompile dalam bentuk bytecode platform independent, sehingga tidak bergantung pada 1 jenis platform saja, melainkan dapat dijalankan diberbagai platform seperti Microsoft Windows, Linux, BSD, Machintos, dan lain sebagainya.

1.8  Sederhana

Java didesaign agar dapat digunakan dengan mudah untuk dipelajari. Java sendiri menggunakan sintaks yang mirip dengan bahasa C++, tapi sudah banyak diperbaiki terutama pada multiple inheritance

1.9  Terdistribusi

Bahasa Java didesaign untuk lingkungan distribusi internet sehingga suatu aplikasi java dapat terdistribusi dengan mudah karena adanya libraries networking.

1.10  Terinterpretasi

Kode bit Java ditranslasi secara langsung pada perintah mesin sehingga dapat diterjemahkan oleh sistem manapun yang memiliki program java. sebagai sebuah platform, java terdiri dari JVM dan Java Api.

1.11  Portabel

Sebuah Program Java dapat dengan mudah dijalankan pada platform berbeda tanpa harus dikompilasi ulang karena adanya Platform Independent dan Architectural Neutral.

1.12  Kuat

Pemrograman Java memiliki runtime-Exception handling yang mempunyai kemampuan untuk mengeliminasi error dengan menjalankan pengecekan pada waktu compile dan runtime.

2. Fitur Java

Java telah menyediakan fitur-fitur penting yang ada pada bahasa-bahasa pemrograman seperi mengadopsi bentukan dasar dari pemrograman berorientasi objek yang ada pada bahasa SIMULA, mengadopsi fasilitas garbage collection hingga kemampuan untuk meniru generic list processing. berikut ini beberapa fitur java menurut JENI.

2.1  Code Security

Java memiliki mekanisme keamanan kode yang sudah ada pada penggunaan JRE(Java Runtime Environment). Artinya, sistem Java didesaign agar kode java dapat dipercaya atau bisa dikatakan bersertifikat melalui pengamanan 3 lapis.

Pertama melalui Class Loader, dimana class loader berperan dalam memisahkan class yang berasal dari system local dengan class yang diambil dari jaringan. Hal tersebut bertujuan memberikan proteksi untuk melawan suatu akses yang tidak diinginkan.

Kedua melalui bytecode verifier yang berperan dalam menguji format pada fragmen code dan mengeceknya agar terhindar dari kode ilegal, hal tersebut bertujuan agar bytecode sudah sesuai dengan aturan dasar pada Bahasa java.

Ketiga yaitu me-manajemen keamanan dari aplikasi dengan cara mengendalikan apakah suatu program aplikasi diperbolehkan untuk mengakses sumber daya seperti file sistem, port jaringan, dan lain sebagainya.

Setelah suatu kode program melalui 3 tahap keamanan atau code security, barulah kode program tersebut siap untuk di-eksekusi.

2.2  Garbage Collection

Garbage Collection bertanggung jawab untuk mengosongkan memori yang dilakukan secara otomatis selama program java masih aktif. Selain itu programmer juga dibebaskan dari beban untuk mengalokasikan kembali memori tersebut.

2.3  Java Virtual Machine

JVM atau Java Virtual Machine merupakan mesin virtual yang bekerja menyerupai mesin yang sebenarnya. JVM menyediakan spesifikasi hardware yang dapat mengkompile semua program java.

Program java yang dikompile akan menghasilkan bytecode dengan berekstensi .class, bytecode sendiri adalah bahasa mesin khusus yang dimengerti oleh JVM.