Cara Download dan Install APlikasi XAMPP di Windows 10

Artikel ini membahas bagaimana cara install Aplikasi XAMPP pada Windows 10. Aplikasi XAMPP bisa Anda gunakan untuk menguji apakah aplikasi berbasis web bisa berjalan dengan baik atau tidak. Anda tidak perlu langsung membeli hosting maupun domain, karena dengan XAMPP Anda bisa menguji web secara offline.

Daftar isi

1. Pengertian XAMPP

XAMPP merupakan perangkat lunak yang sudah mendukung banyak sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac, dan Solaris. Dengan begitu, tidak jadi Masalah jika Anda pindah-pindah sistem operasi. XAMPP terdiri dari kata X, A, M, P, dan P. masing-masing dari hurufnya mempunyai arti yaitu.

Daftar Tabel untuk Pengertian XAMPP
NoHurufDeskripsi
1XX pada XAMPP berarti cross platform. Artinya, karena XAMPP bisa dijalankan dibanyak sistem operasi.
2Ayang berarti Apache. Apache sendiri merupakan aplikasi web server atau bisa dibilang sebagai web server-nya.
3Mberarti MySQL yang berfungsi sebagai Database Management System (DBMS).
4PP yang pertama bisa berarti PHP sebagai bahasa pemrograman web yang didukungnya.
5PP yang kedua berarti Perl sebagai bahasa pemrograman yang juga didukungnya.

XAMPP merupakan server yang paling bannyak digunakan karena fiturnya yang lengkap. Saya sendiri menggunakan XAMPP untuk keperluan pengujian website secara offline. Dengan Aplikasi XAMPP, Anda juga bisa menginstall CMS popular secara offline seperti Wordpress. untuk penginstallan wordpress secara offline tidak dibahas pada artikel ini.

Selain paling banyak digunakan, XAMPP juga mudah digunakan karena Anda hanya perlu menjalankannya saja. Misalnya, hanya dengan module yang bernama Apache, Anda sudah dapat menjalankan PHP secara offline. Untuk proses instalasi XAMPP, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

2. Cara install XAMPP di Windows

Sebelum menginstall XAMPP, tentunya Anda memerlukan aplikasi XAMPP. Aplikasi tersebut bisa Anda download pada website Apache Friends DISINI. di Artikel ini, saya melakukan instalasi XAMPP di OS Windows 10 dengan versi versi 7.3.2.

Update : karena artikel ini dibuat beberapa bulan yang lalu, maka untuk versi XAMPP terbaru saat ini(juli 2019) saya cek sudah rilis Versi 7.3.7.

gambar situs apachefriends untuk download XAMPP versi 7.3.2
Gambar 2

2.1  Jalankan File XAMPP(.exe)

Buka aplikasi XAMPP yang telah anda download. Lakukan instalasi XAMPP dengan cara klik double pada file aplikasi atau klik kanan pada file kemudian open.

gambar file xampp ber eksetensi .exe
Gambar 2.1

2.2  User Account Control

Klik yes jika muncul notifikasi UAC seperti berikut.

Notifikasi UAC windows
Gambar 2.2

2.3  Pilih Komponen(Setup)

Klik Next hingga pada tahap pemilihan komponen seperti gambar dibawah ini, centang semua pada kotak box di tiap komponen. bagian penting yaitu pada MySQL dan phpMyadmin disarankan harus tercentang.

setup untuk memilih komponen yang tersedia
Gambar 2.3

2.4  Installation Folder(Setup)

Selanjutnya, silahkan pilih lokasi drive/folder yang akan digunakan utuk menyimpan file instalasi. Pada langkah ini, saya sarankan untuk memilih lokasi folder pada C:\XAMPP.

installation folder
Gambar 2.4

2.5  Bitnami for XAMPP

Pada Langkah ini, hilangkan centang pada 'Lern more about Bitnami for XAMPP'. Namun jika Anda akan menginstall Bitnami untuk XAMPP yang berguna untuk instalasi CMS seperti, drupal dan joomla, jangan hilangkan centangnya.

Gambar 2.5

2.6  Progress instalasi XAMPP

Klik Next lagi, hingga pada tahap proses instalasi seperti gambar dibawah ini. Pada tahap ini mungkin agak lama, tunggu hingga proses instalasi selesai.

installing xampp
Gambar 2.6

2.7  Setup Complete

Setelah selesai terinstall, klik finish atau jika Anda ingin langsung menjalankan Control Panel, pastikan pilihan untuk untuk memulai Control Panel tercentang.

Setup XAMPP Selesai
Gambar 2.7

Jika proses instalasi berjalan dengan lancar, Anda bisa langsung membuka dan menggunakan Control Panel XAMPP sesuai dengan keperluan Anda.

Namun pada beberapa kasus, Apache dan MySQL tidak bisa dijalankan, itu biasanya dikarenakan bentrok port dengan aplikasi lain.

Default port yang digunakan Apache adalah port 80 dan 443. Aplikasi lain mungkin juga menggunakan port yang sama, sehingga menyebabkan Apache dan MySQL tidak bisa dijalankan.

NB : Jika Anda ingin mengakses web yang anda buat secara offline, tulislah alamat ini 'http://localhost/' pada kotak address bar di browser. alamat tersebut menggantikan lokasi file pada 'C:\XAMPP\htdocs'.

Url http://localhost/ berguna untuk menguji web secara offline, karena Anda tidak bisa secara langsung melihat tampilan web dengan cara klik double pada file php.

3. Fungsi Control Panel di XAMPP

Untuk menjalankan Apache maupun MySQL, buka Control Panel XAMPP lalu tekan start disebelah kanan tulisan Apache dan MySQL. Apache berguna menjalankan hasil olahan kode PHP maupun yang lainnya pada browser. MySQL untuk menjalankan server MySQL.

gambar control panel pada aplikasi XAMPP
Gambar 3

pada Control Panel, Anda juga bisa langsung membuka phpMyAdmin dengan cara tekan 'admin' disebelah kanan tulisan MySQL. Anda juga bisa membuka manual dengan cara mengettikkan alamat ini 'http://localhost/phpmyadmin/' pada addres bar di browser.

4. Memeriksa Port yang Bentrok

Untuk memastikan dan melihat apakah port 80 dan 443 bentrok dengan aplikasi lain, Anda bisa menjalankan beberapa langkah untuk mengatasi jika terjadi error saat menjalankan Apache dan MySQL.

Informasi langkah-langkah dibawah ini mungkin kurang detail atau kurang membantu, karena informasi ini hanya tambahan jika XAMPP tidak bisa menjalankan Apache maupun MySQL.

gambar berisi informasi cara memriksa port yang bentrok dengan XAMPP
Gambar 4

Langkah-langkah diatas hanya berfungsi untuk menutup koneksi apakah sebuah aplikasi menggunakan port 80 dan 443 atau tidak pada saat itu juga. jadi, dilain waktu beberapa aplikasi tersebut mungkin juga akan menggunakan port yang sama lagi.

Pada kasus lainnya, jika Anda menggunakan Aplikasi Skype, mungkin akan terjadi bentrok port yang menyebabkan tidak bisa menjalankan Apache dan MySQL. itu karena Skype tersebut sering menggunakan port yang sama yaitu 80 dan 443.