Tutorial Download dan Install Java JDK 11.0.2 Untuk Windows

Java Development Kit atau JDK merupakan langkah pertama yang harus diinstall jika Anda ingin menjadi seorang programmer Java. misalnya, jika Anda berniat membuat aplikasi android dengan IDE(Integrated Development Environment). Maka Anda perlu meninstall JDK terlebih dahulu.

JDK sendiri digunakan sebagai pendukung dalam mengembangkan aplikasi berbasis Java. Pada Tutorial ini, saya menggunakan software JDK versi 11.0.2, namun untuk versi yang lain juga tidak jauh berbeda dengan tutorial ini. Langsung saja berikut ulasan selengkapnya.

Daftar isi

1. Apa yang dimaksud Dengan JDK

JDK atau Java Development Kit merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan Kompilasi dari Java code ke bytecode, debugging, dan menjalankan program Java. Lalu gimana cara instalasi JDK?. Pada tutorial kali ini akan melakukan instalasi dengan JDK 11.0.2 yang rilis pada 2019/01/15.

2. Persiapan install JDK

Karena Tutorial ini membahas cara instalasi JDK untuk windows, maka yang perlu dibutuhkan sebelum instalasi JDK adalah Spesifikasi PC/Laptop antara lain : OS Windows 7/8/10, 32/64 Bit, RAM minimal 4GB, prosesor minimal 2 core, Ruang Drive tersedia 1GB lebih, dan yang terakhr adalah Aplikasi JDK 11.0.2 yang terbaru saat ini.

Pertama download dulu sofware JDK for windows di situs resminya, klik DOWNLOAD. Dibawah ini merupakan tampilan situs resmi untuk mengunduh JDK 11.0.2 .

tampilan situs resmi untuk download JDK versi 11.0.2
Gambar 2

Untuk Mendownload Aplikasi JDK, Pertama centang pada Accept License Agreement, yang kedua klik pada tulisan jdk-11.0.2_windows-x64_bin.exe untuk mulai mengunduh JDK 11.0.1 untuk WIndows. Tunggu hingga proses instalasi selesai, setelah berhasil mengunduh, Anda bisa melanjutkan ke proses berikutnya dibawah ini.

3. Cara install JDK di windows

Setelah Anda Berhasil mengunduh Aplikasi JDK 11.0.2 di Situs resminya, buka program yang telah Anda unduh dengan cara klik double pada aplikasi atau klik kanan pada aplikasi kemudian klik open. Lalu klik 'yes' jika muncul notifikasi UAC.

klik kiri 2x atau open pada file JDK yang telah di-download
Gambar 3

dan berikut adalah proses instalasi JDK 11.0.2 pada windows 10.

3.1  Custom Setup

Pertama Klik Next hingga pada pilihan Custom Setup seperti pada gambar dibawah ini, pilih default atau langsung klik next saja (default).

custom setup
Gambar 3.1

3.2  Progress

Selanjutnya, klik next hingga pada tahapan progress instalasi berlangsung, tunggu sampai selesai. berikut ilustrasi gambar pada saat progress instalasi JDK 11.

progress instalasi jdk 11
Gambar 3.2

3.3  Complete

setelah selesai dari tahapan progress instalasi, selanjutnya akan sampai di tahapan complete, Klik close saja. dan berikut gambaran jika telah selesai melewati proses instalasi.

complete setup
Gambar 3.3

4. Setting Path Java di Windows

Setelah Anda berhasil menginstall sofware JDK, selanjutnya Anda bisa mengatur PATH JDK. Mensetting PATH JDK pada windows diperlukan jika Anda ingin membuat program Java yang dapat berjalan di CMD. setting Path ini dilakukan dengan manual. berikut langsung saja.

4.1  Lokasi Folder bin

Buka document pada drive C atau drive tempat untuk instalasi JDK, kemudian buka di C:\Program Files\Java\jdk-11.0.2\bin\ lalu salin lokasi folder bin atau lokasi instalasi JDK dengan cara klik tombol CTRL+C pada keyboard seperti pada gambar berikut.

url lokasi folder bin(java jdk)
Gambar 4.1

4.2  Buka Sistem pada This PC

Buka System dengan cara klik kanan pada This PC lalu pilih properties setelah itu masuk ke system, kemudian pilih Advanced System Settings. dan berikut gambar tampilan system di Windows.

system
Gambar 4.2

4.3  System Properties

Setelah Anda mengklik Advanced System Settings, maka Anda akan masuk ke System Properties. kemudian pilih Environment Variables pada tab Advanced seperti pada gambar berikut.

system properties
Gambar 4.3

4.4  Environment Variables

Setelah Anda masuk ke Environment Variables, kemudian pada System Variables pilih Path lalu klik edit. dan berikut gambaran untuk memilih Path dan edit Path.

environment variables
Gambar 4.4

4.5  Edit Environment Variables

ini adalah tahapan terakhir untuk setting Path JDK, pada edit Environment Variables klik New lalu pastekan url lokasi folder bin (lokasi instalasi JDK) yang tadi telah disalin, setelah dipastekan lalu klik OK seperti pada gambar berikut.

edit environment variables
Gambar 4.5

Setelah klik OK maka Anda akan kembali ke Environment Variables, pada Environment Variables klik OK lagi, ingat jangan klik Cancel, klik OK saja hingga keluar.

5. Cek Versi Java dengan CMD

yang dimaksud Cek Version Java JDK dengan CMD yaitu bertujuan untuk mengecek apakah hasil pengaturan PATH JDK telah disetting dengan benar atau belum. Jika benar, maka pengujian dengan cara cek version JDK dengan CMD bisa dilakukan. Jika salah, maka sebaliknya.

Buka CMD atau command prompt, saya yakin pasti Anda sudah tahu cara masuk ke CMD. Setelah anda masuk ke mode CMD, ketik kata kunci 'Java -version' pada command promt kemudian tekan enter pada keyboard.

Selanjutnya akan muncul informasi berupa versi Java JDK yang diinstal serta tanggal rilis, dsb. berikut tampilan perintah menampilkan versi JDK pada CMD.

ilustrasi gambar, cara cek versi java JDK dengan Command promt(CMD)
Gambar 5