Pengenalan Dasar Tentang HTML

HTML adalah materi paling dasar dari pemrograman web. Naskah-naskah yang ada di web disusun dalam bentuk dokumen HTML. Sehingga jika Anda ingin menjadi seorang web programmer, maka Anda harus menguasai dengan benar bahasa HTML.

Daftar isi

1. Sejarah Html

HTML pertama kali diciptakan pada tahun 1980 oleh IBM dengan mengembangkan sebuah bahasa pemrograman yang saat itu diberi nama GML atau Generalized Markup Language.

Pada tahun 1986 GML berganti nama menjadi SGML atau Standar Generalized Markup Language. Kemudian berganti nama lagi pada tahun 1989, waktu itu oleh Tim Bernes-Lee dari CERN diberi nama HTML.

Sejak awal tahun 1990-an, HTML atau Hypertext Markup Language telah menjadi teknologi utama untuk web. HTML Pertama kali muncul di internet dalam bentuk teks, seperti halnya sebuah file.txt biasa.

2. Versi HTML

Bahasa pemrograman HTML telah melalui banyak proses dan perkembangan sejak pertama dirilis. Dimulai dari Veri HTML 1.0 pada Tahun 1991 hingga versi HTML5 pada tahun 2014. Dengan Hadirnya Versi HTML5 sampai saat ini, diharapkan mampu menyempurnakan versi-versi Html sebelumnya seperi HTML 4.0(1999) dan XHTML 1.0(2000).

3. Pengertian HTML

HTML atau disebut juga Hypertext Markup Language adalah bahasa standard yang digunakan untuk menampilkan halaman web. Apa itu Hypertex dan Markup Language?.

Dinamakan Hypertext karena di dalam HTML terdapat text yang berhubungan dengan dokumen lain. Dengan kata lain, text biasa pada html bisa berubah menjadi sebuah link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan mengklik text tersebut.

Sedangkan Markup Language pada singkatan HTML merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berupa kode-kode yang didalamnya menggunakan tanda atau mark. Tanda tersebut dikenal sebagai HTML Tag.

Dokumen HTML disusun oleh beberapa Element antara lain : Elemen head, title, body, dsb yang disusun, ditulis dan dibungkus didalam Tag <html>.

4. Struktur HTML

Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan dengan tag <html>, <head>, <body> beserta dengan tag-tag pasangannya.

HTML mengharuskan penggunaan end tag atau penutup Tag. Namun ada juga yang tidak berpasangan seperti Tag <br /> dan tag <hr>, dsb. Setiap dokumen HTML diawali dengan Tag <html> dan diakhiri dengan tag </html>. Berikut contoh sederhana struktur dokumen HTML5.

contoh kode/program/sintaks html
<!DOCTYPE html>
<html>

    <head>
        <title> ..judul dokumen.. </title>
    </head>

    <body>
        ..isi dokumen html..
    </body>

</html>

5. Web Browser dan Server Web

Sebelum Anda Membuat Halaman Web Pertama, Anda juga perlu sedikit mengenal Web Browser dan Server Web. Web Browser merupakan software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Dengan kata lain, Web browser digunakan untuk menampilkan halaman web yang dibuat dengan HTML, XML, dsb.

Sedangkan Pengertian dari Server Web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen web, komputer ini akan melayani permintaan dokumen web dari kliennya. Contoh dari web server yaitu IIS, PWS, Apache, Xitami.

Bagaimana cara Web Browser menampilkan Halaman Web dari sebuah dokumen HTML?. Sebuah dokumen HTML yang dikirimkan melalui Hypertext Transfer Protocol akan diterjemahkan oleh Web Browser dan ditampilkan kembali sehingga mudah dipahami oleh manusia/user.

6. Halo Indonesia!

Yang dimaksud halo Indonesia! disini adalah contoh menampilkan kalimat "Halo Indonesia!" pada halaman web. Langkah Pertama, Anda memerlukan sebuah Aplikasi Text Editor seperti Notepad dan Web Browser seperti yang Anda gunakan untuk membaca Artikel ini.

Langkah Kedua, Tulis kembali Kode HTML dibawah ini dengan Text Editor dan simpan dengan nama 'halo.html'.

contoh kode/program/sintaks html
<!DOCTYPE html>
<html>

    <head>
        <title> Program Pertama Saya </title>
    </head>

    <body>
        <p>Halo Indonesia!</p>
    </body>

</html>

Setela Anda Menulis ulang Kode Html diatas pada notepad, Langkah selanjutnya yaitu buka file 'halo.html' pada Web Browser dengan cara klik double pada file yang telah anda buat. dan berikut hasilnya pada halaman web.

Contoh program HTML. Hallo World! Halo Indonesia
Gambar 6