Perbedaan Tag Link dan Tag A Pada HTML

Dalam suatu Halaman web, Anda pasti sering melihat satu atau beberapa link, dan hampir semua website menampilkan link .Link dibuat dengan Tag <a>, kenapa tidak dibuat dengan tag <link>?. Lalu, apa perbedaan tag <a> dan tag <link>.

Daftar isi

1. Perbedaan Tag A dan Tag Link

Suatu link yang ada pada halaman web dibuat dengan tujuan sebagai jalan pintas atau shortcut untuk menuju suatu halaman atau website lain. Secara umum, link dibuat dengan kode html meggunakan Tag <a> atau bisa disebut dengan elemen Anchor.

Lalu apa itu Tag <Link>?. Tag <link> berbeda dengan tag <a>, dimana tag <a> digunakan untuk membuat link, sedangkan tag <link> dibuat untuk menghubungkan dokumen html dengan file eksternal.

Perbedaan dari kedua Tag tersebut yaitu, Tag <a> berguna sebagai penghubung antara satu halaman yang terdapat dengan halaman lainnya. Sedangkan Tag <link> menunjukkan sebuah hubungan antara dokumen HTML dengan file eksternal seperti file css.

2. Elemen Anchor(Tag A)

Elemen Anchor menunjukkan awalan hingga akhir dari suatu hypertext link. Artinya, text biasa yang ditulis diantara tag <a> dan tag </a> biasanya akan berwarna biru dan bergaris bawah. Teks berwarna biru yang terdapat pada halaman web tersebut disebut link. Berikut gambaran link pada halaman web.

contoh link pada halaman web
Gambar 2

Semua Teks maupun tulisan yang berwarna biru pada gambar diatas menunjukkan sebuah link aktif, pointer akan berubah menjadi tangan jika diarahkan pada link-link tersebut. Untuk membuat link-link tersebut Anda bisa mennggunakan tag <a>, berikut contohnya.

contoh kode/program/sintaks html
<a href="https://www.gotutorid.com/"> Link ini menuju ke situs gotutorid.com </a>

Dari contoh kode diatas, Tag <a> tersebut ditulis bersamaan dengan atribut href, atribut href merupakan atribut yang sering digunakan untuk merujuk alamat url yang dituju. Tanpa adanya atribut href, sebuah link yang dibuat hanya akan berfungsi seperti text biasa.

3. Elemen Link(Tag Link)

Elemen Link pada Dokumen Html merupakan penghubung antara dokumen html yang bersangkutan dengan sebuah file eksternal. biasanya digunakan untuk menghubungkan dokumen html dengan file CSS. Pada dokumen Html, element Link ditulis dengan Tag dan terletak didalam Tag . Tag ditulis tanpa penutup tag, hanya berisi attribute dan valuenya saja.

Element Link mencakup Global Attributes dan Event Attributes. Attribute dari Tag sendiri bermacam-macam, berikut ini attribute yang sering digunakan untuk Elemen Link.

Daftar Tabel untuk Elemen Link(Tag Link)
NoAtributDeskripsi
1hrefUntuk menentukan lokasi file eksternal dan menghubungkannya dengan Dokume Html yang bersangkutan
2relMenentukan Relasi antara halaman web yang sedang dibuka dengan file atau dokumen yang bersangkutan.

Selain digunakan untuk menghubungkan dokumen HTML dengan file CSS, Tag <link> juga bisa digunakan untuk membuat icon(favicon) disebelah kiri title pada address bar. berikut contoh kodenya.

contoh kode/program/sintaks html
<head>
    <!-- Tag Link yang digunakan untuk membuat icon(favicon) -->
    <link rel="icon" type="image/png" href="favicon.png" />

    <!-- Tag Link yang digunakan untuk menghubungkan html dengan css -->
    <link rel="stylesheet" href="style.css" />
</head>